Tips mengerjakan Stucture and Written Expression

Published by

Posted on July 28, 2019

Tes ke dua dalam pengerjaan tes TOEFL adalah Structure and Written Expression dengan durasi waktu 25 menit. Tes ini berisi 40 soal yang dibagi mejadi dua yaitu 15 soal struktur dengan blank structure atau struktur kalimat yang dihilangkan bebera bagiannya, dan 25 soal error analysis atau stuktur kalimat yang terdiri dari satu kalimat yang salah satu dari beberapa struktur yang digaris-bahawi adalah salah.

Tes ke dua dari tes TOEFL ini memang membutuhkan keahlian dalam menganalisa stuktur kalimat. Bagaimana pun menganalisa adalah hal yang tidak mudah. Untuk bisa menganalisa suatu kalimat, peserta tes harus memahami materi-materi grammar yang sering digunakan sebagai soal dalam tes TOEFL. Inti materi yang sering digunakan adalah bagaimana peserta memahami kalimat dalam bahasa Inggris seperti bahwa kalimat dalam bahasa Inggris terdiri dari S + V minimalnya atau jika lengkap S + V + O Adv. Materi kalimat ini sering difariasi dengan tambahan conjunction (penghubung) S + V + O Conj S + V + O, dan fariasi lainnya. Namun dalam pembahasan kalimat, kalimat terdiri dari susunan kata yang disebut parts of speech. Jika peserta tes minimal hafal materi parts of speech dan paham fungsingnya, maka hal itu akan menambah insting dalam mengerjakan tes atau memilih jawban yang benar karena setiap soal kalimat di tes yang ke dua ini terdiri dari parts of speech yang tersusun berfariasi.

Soal-soal kadang mempunyai susunan yang sangat berfariasi sehingga bahkan memahami parts of speech juga kurang membantu, jika demikian jalan terakhir yang harus dilakukan adalah dengan cara menerjemahkan soal kalimat terlebih dahulu karena kalimat-kalimat yang tersusun dalam struktur tes TOEFL adalah kalimat yang grammarnya sudah benar, hanya butuh diterjemahkan. Jadi, kemampuan ke dua setelah memahami parts of speech dengan baik adalah bisa menerjemahkan kalimat.

Insting menjawab harus selalu diasah terus-menerus. Mengerjakan Structure, yang terdiri dari kalimat yang  beberapa komponennya dikosongkan atau Error analysis yang terdiri dari kalimat lengkap namun mempunyai beberapa komponen yang digaris-bawahi dan salah satu yang digarais-bahawinya adalah salah, membutuhkan insting memahami kalimat. Insting ini bisa dilatih dengan cara hafal dan paham fungsi parts of speech dan dengan cara menerjemahkan kalimat.

ADD A COMMENT

1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by
DAFTAR KELAS ONLINE | 082240200500