Tips mengerjakan Listening Comprehension - Kampung Inggris

Tips mengerjakan Listening Comprehension

Published by

Posted on July 28, 2019

Pengerjaan tes yang pertama dalam tes TOEFL adalah Listening Comprehension. Listening Comprehension merupakan tes yang membutuhkan waktu pengerjaan 30 – 40 menit tergantung jenis TOEFLnya. Pada pengerjaan tes ini terdapat tiga jenis tipe tes yang setiap tipenya mempunyai trik pengerjaan yang berbeda pula, tipe A dengan 30 soal, tipe B dengan 8 soal, san tipe C 12 soal. Total semua soal dalam Listening Comprehension 50 soal.

Tipe A adalah percakapan dua orang yang membahas suatu topic. Topic yang dibahas biasanya percakapan sehari-hari seperti di rumah, di kampus, di toko, atau tempat lainnya. Percakapan tersebut terdiri dari 3 – 5 kalimat. Penutur pertama memberikan pebahasan kemudia penutur ke dua menanggapinya. Tanggapan yang diucapkan biasanya berupa saran, persetujuan, ketidaksetujuan, atau pertanyaan.

Pada pengerjaan tes Listening Comprehension yang pertama ini, biasakan untuk lebih fokus pada penutur ke dua yang berisi tentang tanggapan berupa saran, persetujun, ketidakseujuan, atau pertanyaan. Setelah dapat menangkap apa yang diucapkan penutur ke dua, pilihlah jawaban yang benar-benar berbeda dari pilhan ganda yang tersedia.

Tipe B adalah soal dengan percakapan yang panjang tentang suatu topik, dan tipe C adalah pemaparan yang panjang tentang suatu topic. Dua tipe tesebut sedikit lebih sulit dari tipe A karena mendengarkan percakapan atau pemaparan yang panjang akan membuat peserta bingung, bahkan ketika peserta mencoba untuk lebih focus, mereka akan semakin bingung.

Untuk mengatasi tipe B dan C ini, fokus pertama adalah kepada direction atau penjelasan tentang pengerjaan tibe B dan C. penjelasan tentang tipe tes biasanya dibacakan sebelum dimulainya pengerjaan soal. ada sekitar 45 detik untuk tipe B dan 2. 57 detik untuk tipe C. Gunakanlah waktu penjelasan tersebut untuk membaca jawaban di pilihan ganda yang disediakan, kemudian ketika pembacaan soal tipe B yaitu percakapan, peserta harus fokus mendengarkan hanya pada kata-kata yang tertulis di pilihan ganda, begitu terdengar salah satu kata-kata dari 4 pilihan ganda dalam percakapan, maka itulah jawabannya. Untuk menjawab tibe C, caranya adalah sama dengan tibe B.

Tipe A, B, dan C dalam Listening Comprehension bagaimanapun harus dikerjakan dengan baik sebagai tambahan sekor tes TOEFL.

    ADD A COMMENT

    ×
    Pendaftar Baru
    WeCreativez WhatsApp Support
    Customer Service kami siap membantu tujuanmu!